Aplikasi Time Lapse Android

Time lapse adalah pengembangan dari bidang fotografi yang menjadikan sekumpulan foto yang diambil dalam periode tertentu menjadi sebuah klip video pendek. Periode pemotretan umumnya berdurasi lama, bisa hingga berjam-jam, sedangkan timing pengambilan foto bisa dibuat berkala setiap beberapa detik hingga menit, tergantung kebutuhan. Obyek yang difoto biasanya adalah obyek yang punya gerakan sangat lambat, seperti gerakan awan, matahari, bulan, bintang dan sebagainya. Meski begitu timelapse boleh juga dipakai untuk merekam gerakan yang lebih cepat seperti manusia yang berjalan, meski nanti hasilnya gerakan manusia itu akan tampak sangat cepat.

Untuk memulai time-lapse fotografi sederhana, kita harus paham beberapa hal dasar.


  1. Tentukan objek dan lihat bagaimana dia bergerak, membuat time-lapse gerakan manusia menyeberang jalanan padat atau aktivitas cepat lainnya tentu berbeda dengan bagaimana membuat time-lapse buah yang membusuk yang memerlukan waktu berhari-hari. Untuk memuat video yang gerakannya relatif cepat seperti gerakan manusia atau hewan yang cepat, maka interval pengambilan gambar memerlukan waktu yang relatif cepat seperti misalnya 1 foto per detik, atau 1 foto setiap 0.5 detik. Sedangkan untuk objek yang lebih lambat seperti gerakan awan, matahari terbit dan terbenam bisa menggunakan setting interval setiap 5 detik, 10 detik atau 20 detik. Untuk objek yang sangat lambat seperti gerakan tumbuhan, mekarnya bunga, atau konstruksi bangunan bisa menggunakan interval pengambilan foto yang jauh lebih panjang seperti setiap 5 menit, 10 menit, dan seterusnya. Untuk aplikasi yang lebih lambat ini, saya tidak merekomendasikan menggunakan smartphone, karena akan memerlukan daya tahan dan standby yang sangat lama.
  2. Setelah mengetahui objek, maka kita perlu menentukan seberapa "patah-patah" video yang akan kita hasilkan. Semakin patah-patah, maka semakin sedikit frame per detik yang diperlukan, ataupun semakin sedikit jumlah foto yang diperlukan. Berpengaruh juga terhadap interval yang akan digunakan. Jika kita ingin membuat video yang sangat lancar, maka minimal kita memerlukan video dengan 24 frame per detik, atau biasanya 30 frame per detik. 
  3. Tentukan berapa lama durasi video yang diinginkan, dengan berapa fps yang diinginkan. Dengan bantuan aplikasi yang disebut dengan time-lapse calculator, maka kita bisa memperoleh angka berapa jumlah foto yang sebaiknya diambil. 
Disini saya memakai aplikasi yang bernama time lapse pro, silahkan anda download dari playstore, karena saya mengambil gerakan cepat, maka saya memaki 30fps. Berikut videonya

0 Response to "Aplikasi Time Lapse Android"

Post a Comment