Cara Memilih SD Card Terbaik Android

SD CARD ANDROID

Cara Memilih SD Card Terbaik Android   - Satu hal yang seharusnya kita sadari kenapa smartphone android kita masih lemot, padahal sudah kita terapkan Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android, sudah menginstall Seeder untuk Menghilangkan Lag Android, dan itu masih terasa lambat, kemudian saat mengcopy file waktu yang dibutuhkan sangat lama sekali, ini terjadi karena anda menggunakan sd card yang rendah atau tipe paling bawah.

Walaupun SD Card itu secara fisik bentuknya sama semua, namun didalamnya pasti ada perbedaan. Diantaranya yang sangat berpengaruh terhadap daya performa android kita yaitu Class SD Card.

Selain SD Card itu sendiri memiliki jangka waktu hidup, SD Card juga memiliki Class. Disini maksud dari Class bukan kok "Oh ini Class nya tinggi berarti ini khusus untuk smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S4" misalkan. Akan tetapi Class didefinisikan sebagai Speed / kecepatan.

SD Card terbagi dalam beberapa Class. Mulai dari Class 2, Class 4, Class 6, dan Class 10 (yang paling tinggi). Class 8 nya mana? Nggak ada.

Arti dari masing-masing class sebagai berikut :
Class 2 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 2MB per second
Class 4 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 4MB per second
Class 6 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 6MB per second
Class 10 : Memiliki kecepatan Read dan Write sebanyak kurang lebih 10MB per second
Dari sini anda pasti sudah tahu bukan, semakin tinggi Class SD Card semakin baik performa Read dan Write nya. Semakin baik kecepatan Read dan Write nya semakin berpengaruh terhadap smartphone android kita.

Untuk melihat berapa Class pada SD Card kita, lihat dibagian cover. Biasanya ada gambar angka kecil dengan lingkaran separo yang memutarinya. Contoh seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Memilih SD Card Untuk Android

Gambar diatas merupakan contoh SD Card 8GB dengan Class 2. Sayang sekali bukan android kita menjadi kurang bertenaga hanya karena Class nya kecil & Speed nya jelek.

Cara lain bila anda tidak mengetahui berapa Class SD Card anda karena dibagian cover tidak tercantum Class nya, bisa anda pakai aplikasi SD Tools (bisa diunduh secara gratis lewat Google Play). Disana ada fitur test speed. Seperti ini penampakannya :

Cara Memilih SD Card Untuk Android

Sore tadi saya baru saja membeli SD Card baru karena yang lama diminta sama kakak saya (baca : Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android). SD Card nya 8GB merk SanDisk versi Ultra dengan fitur Class 10 dan disinyalir kecepatan Read dan Write nya diatas 30MB/sec.

Cara Memilih SD Card Untuk Android

Baik Cara Memilih SD Card Untuk Android yang benar untuk smartphone android diantaranya sebagai berikut :
Cari yang bermerk. Karena apa? Merk merupakan awal dari 'semuanya'. Jangan membeli SD Card yang terkesan asal-asalan
Cari yang bergaransi dan terjamin mutu kualitasnya
Tidak harus membeli SD Card yang memiliki kapasitas sangat besar misal 32GB. Sesuaikan dengan yang anda butuhkan saja
Pilihlah SD Card yang memiliki Class rata-rata atau diatas rata-rata. Usahakan minimal Class 6. Untuk Class 10 seperti milik saya diatas harganya cukup murah, yakni 90.000 ribu saja. Mungkin bisa lebih murah lagi didaerah anda

Dan satu lagi yang sangat PENTING!! banyak beberapa penjual yang nakal, mereka menjual tidak sesuai dengan label yang ada, misal sd card class 10, tapi waktu di test hanya 6Mbps kecepatanya, untuk itu belilah di toko yang dapat dipercaya dan memiliki GARANSI guys.

Itulah Tips dan Trick Cara Memilih SD Card Untuk Android. Semoga dengan artikel ini anda bisa menjadi lebih pintar dalam hal memilih SD Card android. Terlebih untuk anda pengguna Link2SD untuk memindah aplikasi android ke SD Card, minimal menggunakan Class 6 sudah baik performanya.

0 Response to "Cara Memilih SD Card Terbaik Android"

Post a Comment