Pengertian Motherboard dan Bagian-bagianya

Pengertian Motherboard:

Motherboard atau sering juga di sebut mainboard, adalah papan elekronik utama, dimana di dalam nya tertanam komponen elektronik dan chip pengatur yang bertugas mengatur pertukaran data antar komponen.
Pengertian lain dari motherboard, yaitu papan utama printed circuit board yang memiliki chip BIOSsebagai program penggerak masing-masin perangkat.




pengertian motherboard


Bagian dan Komponen Motherboard:

  • chipset
adalah sebuah sirkuit elektronik berupa transisitor yang di padatakanyang memilik fungsi        mengkoordinasikan transfer data antara satu komponen dengan komponen yang lain dalam komputer.

  • Basic input output system (BIOS)
Bios adalah program dasar yang di gunakan sebagai penghubung antara motherboard dengan sistem operasi.    Bios tersimpan dalam ROM atau memori yang hanya bisa di baca.
  • Baterai CMOS
          Meskipun nampak nya kecil dan sepele, namun baterai cmos ini sangat pnting, karena sumber tenaga  untuk menyimpan settings bios dan sinkronisasi RTC jangka pendek. Tnpa baterai CMOS maka settings BIOS akan kmbali ke default pada sa'at komputer di hidupkan dan harus di setting kembali.
  • Socket Processor
Dalam motherboard hanya terdapat satu socket processor saja, meskipun ada yang lebih biasnya di gunakan sebagai komputer server.
  • Slot RAM
Slot ini biasanya terdapat 2 buah bahkan ada yang berjumlah empat slot. Tergantung dari merk dan jenis maksimal ram yang di dukung.
  • I/O
Adalah sebuahp port ataupun socket yang difungsikan untuk berhubungan dengan perangkat keras.






0 Response to "Pengertian Motherboard dan Bagian-bagianya"

Post a Comment